Wednesday, March 14, 2018

Tips agar tidak salah jurusan ketika kuliah

UJIAN SEBENTAR LAGI !!!!

   deg-degan dan bimbang itulah yang dirasakan seluruh siswa dan siswi sekolah menengah atas dan sederajat saat ini, berjuang sekuat dan sekeras mungkin agar bisa lulus dengan nilai memuaskan saat ujian, sama halnya dengan yang penulis lalui hampir 2 tahun yang lalu . seluruh pikiran berkacamuk menjadi satu , belajar dari pagi hingga sore bahkan larut malam agar bisa memahami suatu materi yang akan diujikan . perasaan jenuh dan bosen sering kali muncul namun kemudian kita berfikir ini adalah salah satu jalan dalam menggapai cita-cita masa depan . namun kenapa 3 tahun yang kita lalui hanya ditentukan oleh 3 hari yang membosankan dan menguras hati dan pikiran ??? itu yang masih diperdebatkan , sudah efektif kah sistem pendidikan kita saat ini. selain  itu kita juga dihadapkan dengan masalah lain yaitu , pilihan hidup ! .setelah lulus mau KULIAH atau langsung KERJA , bagi sebagian orang yang kemampuan finansialnya menengah keatas tentunya akan memilih pilihan yang pertama . mereka berlomba untuk masuk dan mendapatkan jurusan perkuliahan yang diidam-idamkan, tentunya ditunjang dengan reputasi perguruan tinggi yang akan dituju. apalagi kalo bukan perguruan tinggi negeri , banyak jalur yang mereka tempuh untuk bisa masuk dan menjadi bagian dari kehidupan kampus yang mengasikan (belum ngerasain aja hehe) tapi emang asik sih, baik SNMPTN,SBMPTN, Seleksi mandiri dan lain sebagainya, namun tentu tidak semua orang yang mendaftar akan diterima dengan begitu mudah ,persaingan yang ketat seringkali membuat kita kecewa karena kita di tolak masuk pereguruan tinggi negeri, namun tak usah kawatir karena masih banyak perguruan tinggi swasta yang selalu terbuka bagi hati yang kecewa, yaaa meskipun biayanya sedikit mahal atau kompetitif namun kualitas juga tidak bisa dianggap lebih buruk dari perguruan tinggi negeri bahkan sebaliknya. namun yang perlu diwaspadai bagi calon mahasiswa-mahasiswa penerus bangsa saat ini bukanlah dimana kalian mengarungi bahtera perkuliahan namun tentang bagaimana kalian memilih jurusan yang tepat sesuai dengan hati agar tidak tersesat dikemudian hari.
berikut tips-tipsnya,,,,

1. kenali dirimu sendiri
    mengapa demikian , tentu saja jawabannya mudah apabila kita dapat mengenali diri sendiri tentunya kita akan paham potensi besar apa yang kita miliki . jika kita mengetahui hal tersebut lebih dini sebelum terlanjur dan terjeremus maka otomatis potensi teresebut akan terus tumbuh jika diasah dan olah seiring berjalannya perkuliahan , misal saya ambil contoh ketika didunia sekolah kita suka sekali berdagang atau berjualan untuk tambahan uang jajan maka jurusan yang tepat untuk kita adalah jurusan ekonomi dan bisnis karena selain kita dapat mengasah kemapuan kita , disitu kita juga mendapatkan ilmu yang otomatis akan mengupgrade pola pikir kita dalam dunia bisnis sehingga kita akan menjadi orang yang professional dikemudian hari.

2. ikuti kata hati , dan percaya diri
    salah satu kunci orang sukses adalah percaya diri , kembali ke point 1 yakni percaya pada diri sendiri bahwa jurusan yang kamu pilih tersebut sudah sesaui dengan minat dan hati kamu, karena banyak sekali kasus tentang mahasiswa yang berkuliah bukan mengikuti kata hati melainkan berdasarkan paksaan atau desakan dari lingkungan sekitar atau orang tua hal tersebut membuat kita menjadi tidak tulus dalam menjalani sesuatu . karena dengan ketidaktulusan akan membuat suatu pekerjaan tidak akan mempunyai suatu nilai yang kita banggakan.dan tidak akan membekas  yang lebih parahnya lagi kita akan merasa malas untuk menjalani hal tersebut sehingga perkuliahan menjadi terhambat.

3. ikuti kata hati bukan tentang materi
    sering kali kita termakan omongan orang lain mengenai jurusan kuliah yang dapat menjamin kehidupan yang baik ketika lulus dan bekerja nantinya sehingga kita hanya ikut-ikutan tanpa mengikuti potensi dan passion kita yang sesungguhnya dan ujung-ujungnya hanya terjerumus dan bosan sehingga membuat kita kesulitan dalam menjalani sehingga membuat kita menjadi lama menjalani masa perkuliahan atau istilah lainnya yaitu mahasiswa abadi. namun tidak menutup kemungkinan ketika lulus akan terwujud keinginan untuk hidup dan mendapatkan pekerjaan yang mapan tetapi itu tak akan bertahan lama karena kita tidak akan mendapatkan kebahagiaan dalam menjalani dibanding kita bekerja sesui passion kita. karena bahagia dan tingkat kesuksesan seseorang itu berbeda dan tidak hanya di ukur dengan materi. (penulis sendiri saat ini termasuk dalam kategori 3 namun masih aman dan lancar dalam menjalani perkuliahan hehe).

   itulah beberapa tips yang bisa penulis berikan saat ini apabila ada tips yang lebih menarik bisa tulis di kolom komentar , mohon maaf apabila ada kekurangan atau sesuatu yang kurang berkenan jangan disimpan didalam hati , karena hati ini mudah rapuh dan layu jika tidak kau sirami dengan cinta namun dengan benci... hehe .just kidding
   selamat membaca :)))))





No comments:

Post a Comment